Review: Andrei Aksana-Sebagai Pengganti Dirimu

Sebenernya baca bukunya Andrei Aksana ini sudah awal Januari yang lalu, tapi berhubung banyak tugas akhir dan ujian, baru sempat ngereview deh *alesan :p *

Sebagai Pengganti Dirimu – Cover

Judul: Sebagai Pengganti Dirimu
Penulis: Andrei Aksana
Tahun Terbit : 2011
Penerbit: PT Gramedia Pustaka utama
Tebal: 320 halaman

“Aku tak mungkin membebaskanmu,” desah Glenn kacau.
“Ibumu yang mengatur pernikahan ini. Dan bukan aku yang dipilih jadi suamimu, kan?”
“Aku nyaris direbut pria lain, Glenn!” pekik Sadira kesal.
“Aku mengandung anakmu! Dan kau tidak sanggup berbuat apa-apa!”

Kekasihnya menolak mengawini, meski telah menghamili. Ibunya menjodohkannya dengan pria lain yang tidak dicintainya. Akhirnya Sadira nekat melarikan diri dari rumah. Tepat di hari pernikahannya, ia kabur bersama sopir limusin pengantinnya. Sopir inilah yang mengubah hidup Sadira. Perhatian dan ketulusan Feran membuat Sadira sanggup menjadi ibu tunggal membesarkan Rava.

Namun di saat itulah Glenn muncul kembali, menghadirkan nostalgia cinta mereka. Pria yang dulu menolak Sadira, yang dulu mengingkari kehadiran buah hatinya, kini meminta Sadira untuk kembali padanya. Sadira terombang-ambing. Siapakah yang harus dipilihnya? Glenn, cinta pertamanya dan juga ayah Rava? Atau Feran, yang selama ini mencintai Rava seperti anak kandungnya sendiri?

“Izinkan aku menyembuhkan luka di hatimu, Sadi,” sergah Feran sedih. “Izinkah aku menggantikan tempat Glenn di hatimu.”

Sebagai Pengganti Dirimu. Betulkah cinta tak pernah tergantikan? Sekalipun telah menorehkan luka dan dendam?

Begitulah sinopsis yang ada di web resmi Andrei Aksana. Ya, buku ini bercerita tentang Sadira, anak bungsu pasangan suami istri kaya raya, Pramudya dan Astari, yang hidup di dalam “sangkar”. Sejak kecil semua keinginanya selalu dipenuhi, tak kurang suatu apapun. Ibunya menaruh harapan yang sangat besar pada Sadira, sehingga memberikan tuntutan agar Sadira menjadi yang terbaik, protektif, dan otoriter. Ayahnya, Pramuya tak berani melawan kehendak Astari karena merasa berhutang budi. 

Dimulai dengan hubungannya dengan Glenn, seorang pemuda yang satu kampus dengannya, Sadira yang sudah menginjak bangku kuliah pun mulai memberontak, ia tak mau lagi berada di dalam sangkar emas ibunya. Pada Glenn, ia menemukan seseorang yang menjadi tempatnya lari dari tuntutan ibunya. Glenn, di lain pihak, pada Sadira ia menemukan tempat pelarian dari sepinya kehidupan keluarganya. Karena terlalu bebas, Sadira pun hamil. Glenn, yang trauma dengan kondisi keluarganya, tidak mau bertanggung jawab.

Astari pun langsung mengambil tindakan, ia memaksa Sadira menikah dengan orang pilihannya. Di hari pernikahannya, Sadira memberontak, ia pun kabur bersama supir limousinnya, Feran. Sejak saat ini lah perjalanan Sadira dan Feran dimulai. Ketika Sadira sudah mulai mencapai kemandirian finansial, Glenn pun datang dan merayu Sadira dan Rava, anaknya untuk kembali bersamanya. Feran, dengan ketulusan hatinya, di lain pihak, mulai mengambil tempat di hati Sadira dan Rava.

Ketika akhirnya Sadira memilih, apakah pilihannya tepat untuknya, Rava, dan kedua lelaki tersebut? Just read the book and you’ll find the answer!

Di buku ini, Andrei Aksana juga memberikan CD lagu mengenai buku tersebut yang dinyanyikan sendiri olehnya, tapi sayangnya karena bukunya pinjam di perpus, jadi nggak bisa mendengarkan isinya :( Cerita dalam novel ini typical, alurnya bisa ditebak dari sinopsis yang ada, tapi Andrei Aksana bisa membawa cerita dengan tema yang “biasa” ini menjadi istimewa, dengan pesan yang bermakna, dan gaya cerita yang membius. Walaupun sudah bisa menebak akhir ceritanya, but I found myself happy and carried away by this book. Ceritanya ringan, and you’ll smile at the end of the story. For you who prefer reading light story, romance, and typical, this book is recommended!

Happy reading~😀

2 thoughts on “Review: Andrei Aksana-Sebagai Pengganti Dirimu

    • cinta penuh air mata atau abadilah cinta itu andrei aksana juga mba? yang abadilah cinta kayaknya pernah denger, tp lupa..
      iya, novelnya andrei emang sinetron sih, bisa ditebak endingnya, tapi bagus kok, enak dibaca, hehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s