It’s not about the money..

Sudah setengah tahun saya “bekerja” sebagai “guru” les privat. Pertamanya sih, karena nggak ada kerjaan :p nganggur nunggu pengumuman kuliah yang ternyata baru diumumkan bulan November. Karena bosen nganggur nggak ngapa-ngapain, melamarlah saya ke My Tutor, salah satu lembaga bimbingan belajar di daerah Jl. Taman Slamet, Malang.

Murid pertama saya adalah Sabrina, seorang homeschooler, yang karena kondisi kesehatannya harus memilih homeschooling. Sabrina murid kelas 2 SMP, dan saya bertugas sebagai tentor IPA untuk Sabrina. Murid kedua saya adalah Dafa, kelas 1 SMP di salah satu sekolah negeri di kota Malang. Murid ketiga saya, Rizky, anak sang empunya LBB, seorang murid kelas 4 SD. Selain mereka, ada James, 1 SMP, dan Alicia, 5 SD, serta baru-baru ini ada Dita, 1 SMA yang saya tentori tidak melalui My Tutor, that’s because they are my father’s friend’s children :p Basically, saya mengajar nyaris semua mata pelajaran (SD-SMP), dan IPA untuk SMA.

Setelah menjalani selama 5 bulan di My Tutor, I decided to quit, karena selain rumah murid terlalu jauh dari rumah saya, juga karena jadwal kuliah yang mulai padat. My family also wanted me to quit the job in My Tutor. Jadi, sekarang murid saya tinggal James, Alicia, dan Dita.

It’s not about the money. Yes, I’m doing this not because of the money, karena well, berapa sih gaji seorang tentor? Jika dibandingkan dengan pekerjaan full time lainnya, tidak sampai 10% *ya iyalah :p* I chose this job because I love teaching. Yah, saya pikir itu yang setidaknya bisa saya lakukan di Malang sambil menjalani perkuliahan. I also learned something during this job. How to handle the children, how to teach them well, karena mereka akan cepat bosan. Di sekolah saja sudah banyak yang harus dipelajari. Belum lagi PR, apalagi jika ditambah les. Besides earning some money, I could share my knowledge to another. Bukankah ilmu yang selalu dimanfaatkan itu nantinya akan menjadi tabungan amal kita di akhirat?😀

“In learning you will teach, and in teaching you will learn.”  ― Phil Collins

“Share your knowledge. It is a way to achieve immortality.”  ― Dalai Lama XIV

Leave a Reply

