Cah Sayur Saus Tiram

cah sayur saus tiram for lunch =9

bahan:

  1. sayuran, aku pakai wortel, sawi/baby kailan, buncis
  2. bawang bombay
  3. bawang putih
  4. mentega
  5. saus tiram
  6. saus raja rasa
  7. kecap asin
  8. kecap manis
  9. garam
  10. gula
  11. merica
  12. air

cara membuat:

  1. cuci bersih sayuran, potong-potong sesuai selera
  2. cuci bersih bawang putih dan bawang bombay
  3. potong kasar bawang bombay
  4. cincang bawang putih
  5. tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  6. masukkan sayuran
  7. masukkan semua bumbu secukupnya
  8. masukkan air
  9. masak hingga matang

waktu memasaknya sebentar aja, kan sayuran ini gampang matangnya. kalau terlalu matang nanti gizi yang di sayurannya berkurang banyak. CMIIW 😀

Advertisements

Ayam Kecap

today’s lunch: ayam kecap (chicken w/soy sauce)

ingredients:

  1. ayam
  2. kentang
  3. kecap
  4. garam
  5. merica
  6. bawang putih
  7. bawang bombay
  8. kecap
  9. cabai rawit

potong ayam menjadi beberapa bagian, cuci bersih, rebus hingga empuk.

sementara itu, siapkan rendaman ayam yang terdiri dari kecap, bawang putih yang sudah dihaluskan, air, garam, dan merica.

setelah ayam empuk, rendam ayam dengan bumbu rendaman selama kurang lebih 30 menit.

potong kentang kotak-kotak, cuci bersih, goreng hingga keemasan.

tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. masukkan cabai rawit, kentang dan ayam yang telah direndam. tumis sebentar. masukkan sisa bumbu rendaman ayam. bumbui dengan garam dan merica. masukkan saus tomat. tunggu hingga air rendaman menyusut.

ayam kecap siap disajikan 🙂

Avocado Sorbet

avocado sorbet ❤

bahan:

  1. alpukat
  2. gula
  3. air

cara membuat:

  1. blender alpukat, gula secukupnya, air (airnya dikit aja, pokoknya bisa diblender, soalnya pengennya banyak sari buahnya, bukan airnya)
  2. masukkan setengah jus alpukat ke dalam wadah, simpan di freezer hingga setengah membeku (± 1,5-2 jam)
  3. keluarkan dari freezer, blender lagi dengan sisa jus alpukat yang belum dibekukan
  4. masukkan setengah bagian jus ke freezer selama ±1,5 jam
  5. keluarkan, blender lagi dengan sisa jus yang belum dibekukan
  6. ulangi langkah di atas hingga 2-3 kali, sampai tercapai tekstur sorbet yang lembut (seperti es krim)
  7. masukkan kembali ke freezer selama 1 malam
  8. untuk menyajikan, diamkan ± 5-10 menit dalam suhu ruang sebelum diserut

Our lunch!

our lunch!

kimbab-jamur asam manis-pancake-chiffon cake so yummy! =9

jadi ceritanya, lagi pengen masak-masak bareng temen-temen SMA, @ndinandina @fhieluv di rumah ndina. daaan, jadi deh menu-menu ini..

kimbab, sushi nasi dari korea, isinya bisa diganti apa aja, kita sih pakai sosis, wortel, mentimun.

jamur asam manis, jamur krispy + saus asam manis yang yummy :9

pancake, bikinnya manual, nggak pakai tepung pancake instan loh!

chiffon cake, nah yang ini bikinnya baru pake tepung instan :p

yang bikin 3 orang tapi hasilnya banyaaak banget, jadi dibungkus-bungkus deh buat orang rumah :p